urutan penggunaan make up
Make up Wajah

Temukan Rahasia Urutan Penggunaan Makeup yang Tepat!

Makeup telah menjadi bagian integral dari rutinitas kecantikan banyak orang, membantu menyoroti fitur wajah dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, penggunaan makeup yang benar memerlukan pemahaman tentang urutan yang tepat agar hasilnya optimal. Berikut dalam artikel ini akan membahas panduan langkah demi langkah urutan penggunaan make up.

 

Contents

Urutan Penggunaan Make Up

Persiapkan Kulit

Sebelum memulai makeup, penting untuk membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk memberikan hidrasi pada kulit.

Membersihkan Wajah

Pilih Pembersih yang Tepat: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika kulit kamu cenderung berminyak, pilih pembersih yang dapat mengontrol kelebihan minyak. Jika kulit kamu kering, pilih pembersih yang melembapkan.

Rahasia Kecantikan Terungkap! Pilih Collagen Terbaik untuk Kulit Kenyal

Cuci Wajah dengan Lembut: Bersihkan wajah dengan gerakan melingkar menggunakan pembersih wajah. Pastikan untuk menyapu leher dan garis rambut juga. Hal ini membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup yang mungkin masih ada di kulit.

Aplikasikan Pelembap

Pemilihan Pelembap yang Tepat: Pilih pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Kulit kering memerlukan pelembap yang kaya, sementara kulit berminyak membutuhkan formula yang ringan dan tidak menyebabkan penyumbatan pori.

Aplikasikan dengan Merata: Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembap secara merata ke seluruh wajah dan leher. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit, membuatnya tampak sehat dan segar.

Tunggu Absorpsi: Biarkan pelembap meresap ke dalam kulit sebelum melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya. Ini memberikan waktu bagi produk untuk bekerja dan menciptakan dasar yang lembut untuk aplikasi makeup.

Exploring the Beauty Wonderland: Macam-Macam Makeup untuk Tampil Cantik Sehari-hari

Perlakukan Masalah Kulit Khusus (Opsional)

Gunakan Produk Tambahan (Opsional): Jika kamu memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau hiperpigmentasi, ini adalah waktu yang baik untuk menerapkan produk perawatan kulit tambahan seperti serum atau krim khusus. Produk ini dapat membantu menangani masalah kulit spesifik kamu.

 

Primer

Setelah langkah persiapan kulit, urutan penggunaan make up primer menjadi tahap selanjutnya yang kritis dalam rutinitas pengaplikasian makeup. Primer adalah produk yang diformulasikan untuk menciptakan dasar yang ideal sebelum kamu mulai menggunakan foundation dan produk makeup lainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat dan penggunaan primer:

Rahasia Kulit Sehat! Ketahui Urutan Tepat Memakai Masker Wajah untuk Hasil Maksimal

Menciptakan Dasar yang Rata

Primer membantu menciptakan permukaan yang halus dan rata. Ini penting karena membantu foundation dan produk lain untuk menempel dengan baik pada kulit, menghasilkan tampilan yang lebih merata dan profesional.

Pemilihan Primer yang Tepat

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan primer yang berbeda. Pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit kamu, seperti primer matte untuk kulit berminyak atau primer yang memberikan kelembapan ekstra untuk kulit kering.

Temukan Rahasia Skincare Aman: Kulit Sehat Tanpa Kompromi

Cara Penggunaan Primer

Aplikasikan primer secara merata ke seluruh wajah setelah menggunakan pelembap. Gunakan jumlah yang cukup untuk memberikan perlindungan dan pengaturan dasar yang efektif. Diamkan beberapa saat agar primer dapat meresap sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam aplikasi makeup.

Foundation

Foundation adalah langkah kunci dalam proses urutan penggunaan make up, pengaplikasian makeup yang membantu menyamarkan ketidaksempurnaan dan menciptakan dasar rata untuk makeup selanjutnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menggunakan foundation dengan baik:

Rahasia Kilau Tanpa Batas! Temukan Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak

Pilih Warna yang Sesuai

Penting untuk memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit kamu. Pilih dua atau tiga warna yang terlihat dekat dengan warna kulit alami kamu dan ujilah di area wajah atau pergelangan tangan untuk memastikan cocoknya warna.

Aplikasikan Titik-titik Foundation pada Wajah

Gunakan ujung jari atau kuas foundation untuk menempatkan beberapa titik kecil foundation di berbagai bagian wajah, seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Animal Cruelty-Free: Kita dan Kulit yang Merawat, Tanpa Merusak

Gunakan Spons atau Kuas Foundation

Kamu dapat menggunakan spons makeup atau kuas foundation untuk mengaplikasikan foundation. Kuas foundation memberikan hasil yang lebih bersih, sementara spons memberikan tampilan yang lebih natural. Pastikan alat aplikator kamu bersih untuk hasil yang optimal.

Ratakkan Foundation

Dengan menggunakan spons atau kuas, ratakan foundation secara merata di seluruh wajah.

Perbedaan Cushion dan Foundation: Siap untuk Tampil Cantik Seharian!

Concealer

Concealer adalah senjata rahasia dalam dunia makeup untuk menyamarkan ketidaksempurnaan dan memberikan tampilan kulit yang lebih merata. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan concealer dengan efektif:

Pilih Concealer yang Tepat

Pilih concealer yang memiliki warna yang sesuai dengan warna kulit kamu. Untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, kamu dapat memilih concealer yang memiliki nuansa sedikit lebih terang dari warna kulit alami kamu.

Aplikasikan Sedikit Concealer

Gunakan ujung jari, kuas concealer, atau aplikator concealer untuk menempatkan sedikit concealer pada area yang ingin kamu tutupi. Kamu dapat menempatkannya di atas noda, bekas jerawat, atau lingkaran hitam di bawah mata.

Gunakan Teknik Tap-Tap

Alihkan perhatian dari menekan dan tarik yang kasar. Sebagai gantinya, gunakan teknik tap-tap dengan ujung jari atau spons concealer untuk meratakan concealer ke area yang ingin kamu tutupi.

Blending dengan Lembut

Ratakan concealer dengan lembut ke kulit. Pastikan untuk meratakannya ke luar agar tidak terlihat perbatasan yang jelas antara concealer dan kulit.

Rahasia Kulit Mulus! Temukan Vitamin C Serum Terbaik yang Harus Kamu Coba

Lapisan Tipis

Lebih baik menggunakan lapisan tipis concealer dan menambahkannya jika diperlukan daripada menggunakan terlalu banyak concealer sekaligus. Ini membantu menghindari penumpukan produk dan tampilan yang terlalu berat.

Bedak

Bedak adalah langkah penting dalam urutan penggunaan make up. Proses pengaplikasian makeup yang membantu mengatur tampilan, mengurangi kilap, dan membuat makeup bertahan lebih lama. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan bedak dengan efektif:

Panduan Lengkap Alat-Alat Makeup: Kecantikan yang Memikat!

Pilih Jenis Bedak yang Sesuai

Bedak tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bedak padat (compact powder) dan bedak bubuk (loose powder). Pilih jenis bedak yang sesuai dengan preferensi dan jenis kulit kamu. Bedak padat umumnya memberikan hasil yang lebih tebal, sementara bedak bubuk memberikan hasil yang lebih ringan.

Pilih Warna yang Sesuai

Pilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit kamu atau foundation yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan bedak untuk mengatur tampilan setelah foundation, pastikan warnanya cocok atau setidaknya mendekati warna foundation.

Persiapkan Alat Aplikator

Jika kamu menggunakan bedak padat, kamu dapat menggunakan spons bedak atau kuas bedak. Jika kamu menggunakan bedak bubuk, kuas besar dan berbulu lembut lebih disarankan.

Cara Menyempurnakan Kulit di Malam Hari: Panduan Perawatan Kulit Malam yang Santai dan Efektif

Aplikasikan Bedak Padat

Jika menggunakan bedak padat, gunakan spons bedak atau kuas bedak dan aplikasikan dengan mengetuk ringan pada kulit. Hindari menggosok atau menekan terlalu keras untuk menghindari menggeser produk di bawahnya.

Aplikasikan Bedak Bubuk

Jika menggunakan bedak bubuk, ambil sejumlah bedak dengan kuas dan rapatkan sedikit dengan mengetuk ujung kuas di atas tangan kamu untuk menghilangkan kelebihan bedak. Aplikasikan bedak dengan menepuk-nepuk ringan pada wajah.

Serum vs. Face Cream: Perbandingan Produk Perawatan Kulit Terbaik

Fokus pada Area Tertentu

Fokuskan aplikasi bedak pada area yang cenderung berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu. Jika kamu ingin menciptakan hasil yang lebih ringan, kamu dapat menghindari aplikasi bedak pada area pipi atau mata.

Rahasia Kulit Cerah dan Segar : Skincare Anti-Kusam

Hindari Over-Building

Mulailah dengan jumlah bedak yang lebih kecil dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan. Over-building bedak dapat menghasilkan tampilan yang terlalu tebal dan tidak alami.

Blending dengan Lembut

Pastikan untuk meratakan bedak dengan lembut ke kulit. Hindari penumpukan produk dan pastikan bedak menyatu dengan baik dengan foundation dan concealer yang telah kamu aplikasikan sebelumnya.

Rahasia Kecantikan Tersembunyi Fungsi Cushion

Bronzer atau Kontur

Bronzer dan produk kontur adalah alat rias yang memainkan peran penting dalam menonjolkan atau menonaktifkan fitur wajah. Penggunaannya  dengan urutan penggunaan make up yang benar dapat memberikan dimensi dan definisi pada wajah kamu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan bronzer atau produk kontur dengan efektif:

Kulit Glowing: Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya

Pilih Warna yang Sesuai

Pilih bronzer atau produk kontur yang memiliki warna yang cocok dengan warna kulit kamu. Bronzer cenderung lebih hangat dan memberikan efek “terbakar matahari”, sementara produk kontur cenderung lebih netral atau dingin untuk memberikan efek bayangan dan mendefinisikan bentuk wajah.

Persiapkan Alat Aplikator

Kamu dapat menggunakan kuas kontur atau kuas bronzer yang memiliki bulu padat dan ujung yang meruncing untuk aplikasi yang lebih presisi.

Identifikasi Area untuk Diberi Dimensi

Identifikasi area wajah yang ingin kamu tonjolkan atau kurangi. Area umum untuk aplikasi bronzer atau produk kontur meliputi bawah tulang pipi, sepanjang garis rambut di dahi, dan di bagian sisi hidung.

Eksfoliasi Kulit Wajah: Rahasia untuk Kulit Cerah dan Berseri

Aplikasikan di Bawah Tulang Pipi

Untuk menonjolkan tulang pipi, aplikasikan bronzer atau kontur tepat di bawah tulang pipi dengan gerakan melingkar ke arah pelipis. Hindari membawa produk terlalu dekat ke area mulut.

Aplikasikan di Sepanjang Garis Rambut di Dahi

Untuk memberikan dimensi pada dahi, aplikasikan bronzer atau kontur di sepanjang garis rambut di dahi. Ini dapat memberikan efek visual menyempitkan dahi.

Sambut Pagi dengan Skincare: Rangkaian Pagi yang Sempurna

Aplikasikan di Bagian Samping Hidung

Jika kamu ingin menyempitkan hidung atau memberikan efek hidung yang lebih tirus, aplikasikan bronzer atau kontur di bagian samping hidung. Gunakan kuas yang lebih kecil untuk presisi yang lebih baik.

Blending dengan Lembut

Setelah mengaplikasikan bronzer atau kontur, pastikan untuk meratakannya dengan lembut. Blending adalah kunci untuk menciptakan tampilan yang alami dan menyelaraskan warna dengan foundation.

Hindari Over-Building

Seperti halnya dengan produk rias lainnya, hindari over-building produk. Mulailah dengan jumlah kecil dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan, agar tampilan tetap terkontrol dan alami.

Panduan Lengkap: Cara Memilih Cushion Sesuai Warna Kulitmu

Blush

Blush adalah produk rias yang dapat memberikan tampilan segar dan bercahaya pada wajah. Penggunaannya dengan benar dapat menambahkan sentuhan kehidupan dan meremajakan penampilan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan blush dengan efektif:

Pilih Warna Blush yang Sesuai

Pilih warna blush yang sesuai dengan tone kulit kamu. Warna-warna alami seperti merah muda, peach, atau coral seringkali cocok dengan berbagai warna kulit. Pilih warna yang memberikan efek natural atau sesuai dengan suasana hati dan kegiatan kamu.

Persiapkan Alat Aplikator

Kamu dapat menggunakan kuas blush yang lembut dan berbulu untuk aplikasi yang lebih presisi. Pastikan kuas yang kamu pilih bersih dan tidak terlalu padat.

Toner untuk Kulit Berjerawat: Rahasia Kilau Sehat Tanpa Jerawat!

Identifikasi Area untuk Aplikasi

Sentuh tulang pipi kamu untuk menemukan area yang menonjol. Aplikasikan blush di atas tulang pipi di bagian yang paling mencolok.

Pilih Teknik Aplikasi

Ada beberapa teknik aplikasi blush yang dapat kamu pilih:

  • Smile and Apply: Senyumlah dan aplikasikan blush pada bagian paling menonjol dari pipi yang muncul saat kamu tersenyum.
  • Diagonal: Aplikasikan blush secara diagonal dari tengah mata ke arah pelipis untuk memberikan efek anggun.
  • Horizontal: Aplikasikan blush secara horizontal di sepanjang tulang pipi untuk memberikan efek wajah yang lebih tirus.

Ambil Sejumlah Kecil Blush

Ambil sejumlah kecil blush pada ujung kuas. Jika menggunakan blush yang pigmented, lebih baik mulai dengan sedikit dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan.

Temukan Tingkat Coverage Foundation Terbaik untuk Kulitmu!

Aplikasikan dengan Lembut

Aplikasikan blush dengan gerakan melingkar atau berbentuk C ke arah pelipis. Pastikan untuk meratakannya dengan lembut agar tidak terlihat terlalu mencolok atau tidak alami.

Blending

Setelah mengaplikasikan blush, pastikan untuk meratakannya dengan lembut dengan gerakan memutar atau memulas kuas blush. Blending membantu menciptakan tampilan yang lebih alami dan menyatu dengan makeup lainnya.

Facial Wash dan Facial Foam: Pilih Mana yang Cocok untuk Kulitmu!

Highlighter

Highlighter adalah produk rias yang memberikan sentuhan kilau pada wajah, menyoroti fitur tertentu, dan memberikan dimensi yang indah. Berikut adalah urutan penggunaan make up dengan efektif:

Pilih Warna Highlighter yang Sesuai

Highlighter tersedia dalam berbagai warna, mulai dari warna kulit hingga warna yang lebih cerah dan berkilau. Pilih warna yang sesuai dengan tone kulit kamu dan sesuai dengan tampilan keseluruhan yang ingin kamu capai.

Persiapkan Alat Aplikator

Kamu dapat menggunakan kuas highlighter yang lembut dan berbulu atau menggunakan jari-jari kamu untuk aplikasi yang lebih presisi. Pastikan alat aplikator bersih dan tidak terlalu padat untuk hasil yang lebih lembut.

Perbedaan Cushion dan BB Cream: Pilih Mana yang Bikin Glowing?

Identifikasi Area yang Akan Disorot

Pilih area di wajah yang ingin kamu sorot. Posisi umum untuk pengaplikasian highlighter melibatkan bagian atas tulang pipi, ujung hidung, dan di atas pelipis.

Ambil Sejumlah Kecil Highlighter

Ambil sejumlah kecil highlighter pada ujung kuas atau jari-jari kamu. Highlighter seringkali sangat pigmented, jadi mulailah dengan sedikit dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan.

Aplikasikan di Atas Tulang Pipi

Aplikasikan highlighter di atas tulang pipi, di sepanjang bagian yang menonjol. Kamu dapat melakukannya dengan gerakan memutar atau geser, tergantung pada preferensi kamu.

BB Cream vs. CC Cream: Kenali Perbedaan dan Pilih yang Cocok untuk Kulitmu!

Aplikasikan di Ujung Hidung

Jika kamu ingin menonjolkan ujung hidung, aplikasikan sedikit highlighter di ujung hidung untuk memberikan efek yang lebih tirus dan menyala.

Aplikasikan di Atas Pelipis

Aplikasikan highlighter di atas pelipis untuk memberikan dimensi dan kilau ekstra pada area mata.

Blending dengan Lembut

Setelah mengaplikasikan highlighter, pastikan untuk meratakannya dengan lembut agar tidak terlihat terlalu mencolok atau terputus-putus. Blending membantu menciptakan tampilan yang lebih alami.

Makeup untuk Mata

Makeup mata adalah salah satu langkah penting dalam proses pengaplikasian makeup. Berikut adalah urutan penggunaan make up pada mata dengan efektif:

Lebih Bagus Niacinamide atau Vitamin C, Mana yang Lebih Oke Buat Kulitmu?

Bersihkan dan Persiapkan Kelopak Mata

Pastikan kulit kelopak mata bersih dan kering sebelum memulai. Kamu dapat menggunakan primer mata untuk membantu eyeshadow menempel lebih baik dan membuat warnanya lebih intens.

Aplikasikan Eyeshadow

Pilih warna eyeshadow yang sesuai dengan pakaian atau suasana hati kamu. Mulailah dengan warna netral sebagai dasar, lalu tambahkan warna yang lebih gelap di lipatan mata untuk memberikan dimensi. Kamu juga dapat menambahkan warna yang lebih cerah di bagian tengah kelopak mata untuk efek yang lebih menarik.

Eyeliner

Aplikasikan eyeliner sesuai keinginan kamu. Kamu dapat menggunakan eyeliner pensil, cair, atau gel. Buat garis sepanjang garis bulu mata untuk memberikan mata definisi. Jika kamu ingin tampilan yang lebih dramatis, tambahkan winged eyeliner.

Perlukah Pakai Bedak Setelah Cushion? Temukan Jawabannya!

Maskara

Aplikasikan maskara untuk memberikan efek mata yang terbuka dan memanjangkan bulu mata. Pastikan untuk mengaplikasikan maskara ke setiap bulu mata, dari akar hingga ujung. Kamu dapat menggunakan satu atau dua lapis maskara, tergantung pada preferensi kamu.

Bersihkan Kesalahan (Jika Ada)

Jika terjadi kesalahan atau eyeshadow tumpah, bersihkan dengan hati-hati menggunakan kapas atau cotton bud tanpa merusak makeup yang sudah diterapkan.

Makeup untuk Alis

Alis yang rapi dan terdefinisi dapat memberikan kerangka yang indah untuk wajah kamu. Berikut adalah lurutan penggunaan make up untuk alis  dengan efektif:

Sikat Alis

Mulailah dengan menyikat alis kamu ke arah pertumbuhan bulu mata menggunakan sikat alis atau spoolie. Sikat membantu menjaga alis tetap rapi dan memberikan bentuk yang baik sebelum aplikasi makeup.

Pilih Pensil Alis atau Bubuk Alis

Pilih produk alis yang sesuai dengan preferensi kamu. Pensil alis memberikan kontrol yang lebih presisi, sementara bubuk alis memberikan tampilan yang lebih lembut dan natural. Pilih warna yang sesuai dengan warna alis kamu.

Bentuk Alis

Tentukan bentuk alis yang diinginkan. Perhatikan bentuk alis asli kamu dan ikuti kontur alis alami, hanya memperbaiki dan memperjelas bentuknya. Hindari membuat alis terlalu tipis atau terlalu tebal untuk tampilan yang alami.

Makeup Mata Smoky: Rahasia Tampil Glamor dan Seksi

Gambar Garis Bawah Alis (Opsional)

Jika kamu ingin memberikan definisi tambahan, gambarlah garis di bagian bawah alis menggunakan pensil atau concealer. Ini memberikan tampilan yang lebih rapi dan menyoroti bentuk alis.

Isi dengan Pensil Alis

Dengan menggunakan pensil alis, mulailah mengisi bagian yang kurang tebal atau memiliki kekosongan di antara bulu alis. Gunakan garis-garis ringan dan halus untuk menghindari tampilan yang terlalu keras.

Isi dengan Bubuk Alis

Jika kamu menggunakan bubuk alis, gunakan kuas alis yang kecil dan runcing. Ambil sedikit bubuk dan isi bagian alis yang membutuhkan. Bubuk memberikan tampilan yang lebih lembut dan bisa dibaurkan dengan lebih baik.

Blending dan Meratakan Warna

Pastikan untuk meng-blend produk dengan baik untuk menghindari garis yang terlalu jelas. Gunakan sikat alis atau spoolie untuk meratakan warna dan memberikan tampilan yang lebih natural.

Periksa dan Sesuaikan

Periksa hasilnya di cermin dan sesuaikan jika diperlukan. Pastikan bahwa kedua alis terlihat simetris dan sesuai dengan keinginan kamu.

Gunakan Gel Alis (Opsional)

Jika kamu menginginkan tampilan alis yang tahan lama, kamu dapat menggunakan gel alis untuk menahan bulu alis dan memberikan hasil yang lebih rapi.

Makeup untuk Bibir

Bibir yang rapi dan berwarna dapat menyeimbangkan tampilan keseluruhan dan menambahkan sentuhan urutan penggunaan make up akhir pada makeup kamu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan makeup pada bibir dengan efektif:

Persiapkan Bibir

Mulailah dengan menyiapkan bibir kamu. Gunakan lip balm atau pelembap bibir untuk memberikan kelembaban dan membuat bibir lebih lembut. Diamkan beberapa saat agar pelembap meresap.

Rahasia Bibir Indah! Temukan Lip Balm Terbaik untuk Perawatan Ekstra

Gunakan Primer Bibir (Opsional)

Jika kamu ingin memberikan daya tahan lebih lama pada lipstik, kamu dapat menggunakan primer bibir sebelum aplikasi. Primer membantu lipstik menempel lebih baik dan mencegahnya pudar terlalu cepat.

Pilih Warna Lipstik atau Lip Gloss

Pilih lipstik atau lip gloss dengan warna yang sesuai dengan makeup keseluruhan kamu atau sesuai dengan suasana hati kamu. Pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan warna kulit kamu.

Aplikasikan Lipstik

Jika kamu menggunakan lipstik, kamu dapat mengaplikasikannya langsung dari kemasan atau dengan menggunakan kuas bibir. Mulailah dari tengah bibir dan ratakan ke arah ujung bibir. Pastikan untuk meratakannya dengan lembut.

Merah Membara: Panduan Beli Lipstik Matte Warna Merah Online yang Tepat

Aplikasikan Lip Gloss

Jika kamu lebih suka tampilan yang lebih berkilau, kamu dapat menggunakan lip gloss. Aplikasikan dengan cara yang sama seperti lipstik, dan hindari penggunaan terlalu banyak untuk menghindari rasa lengket yang berlebihan.

Gunakan Pensil Bibir (Opsional)

Untuk memberikan batasan yang lebih jelas pada bibir, kamu dapat menggunakan pensil bibir sebelum atau setelah mengaplikasikan lipstik. Gambar garis bibir sesuai dengan bentuk alami bibir kamu atau sesuai dengan keinginan kamu.

Blending dan Ratakan Warna

Pastikan bahwa warna lipstik atau lip gloss merata di seluruh bibir. Gunakan jari atau kuas bibir untuk meratakan warna dan menghindari garis yang terlalu jelas.

Periksa Hasilnya

Periksa hasil akhir di cahaya alami dan pastikan bahwa warna bibir terlihat merata dan sesuai dengan selera kamu.

Hindari Over-Building

Hindari penggunaan terlalu banyak produk agar bibir tidak terlihat berlebihan. Mulailah dengan jumlah kecil dan tambahkan lebih banyak jika diperlukan.

Reaplikasi (Opsional)

Jika lipstik atau lip gloss pudar sepanjang hari, kamu dapat melakukan re-touch sesuai kebutuhan.

Setting Spray

Setting spray adalah produk penting dalam urutan terahir penggunaan make up. Rutinitas makeup untuk membantu menjaga makeup tetap tahan lama, segar, dan merata sepanjang hari. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan setting spray dengan efektif:

Kocok Setting Spray

Kocok botol setting spray sebelum digunakan. Ini membantu memastikan bahwa semua bahan aktif tercampur dengan baik untuk memberikan hasil yang merata.

Tentukan Jarak

Pegang botol setting spray sekitar 20-30 cm dari wajah kamu. Menentukan jarak yang tepat membantu mendistribusikan produk secara merata tanpa membuatnya terlalu basah.

Tutup Mata dan Mulut

Tutup mata dan mulut sebelum menyemprotkan setting spray. Ini melindungi mata dan mulut kamu dari partikel yang mungkin terlepas selama penyemprotan.

Semprotkan Secara Merata

Tekankan pada penyemprotan setting spray secara merata di seluruh wajah. Lakukan gerakan “X” dan “T” untuk memastikan bahwa produk meresap ke seluruh area wajah, termasuk dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Hindari Penyemprotan Berlebihan

Hindari menyemprotkan terlalu banyak produk secara berlebihan. Jika kamu menggunakan setting spray yang memiliki nozzle yang dapat disesuaikan, atur nozzle agar memberikan semprotan yang lembut.

Biarkan Kering

Biarkan setting spray mengering secara alami. Jangan menyentuh atau menggosok wajah kamu selama proses pengeringan. Ini memungkinkan setting spray meresap dan menetap dengan baik.

Reaplikasi (Opsional)

Jika merasa perlu, kamu dapat melakukan re-aplikasi setting spray selama hari berjalan, terutama jika berada dalam kondisi panas atau lembab.

Periksa Hasilnya

Periksa hasil makeup kamu di cermin setelah setting spray mengering. Pastikan bahwa tampilan makeup tetap segar dan tahan lama.

Kesimpulan 

Dalam rangka mencapai tampilan makeup yang sempurna, penggunaan produk secara teratur dan urutan penggunaan make up yang terkoordinasi memiliki peran krusial. Mulai dari persiapan kulit dengan pembersih dan pelembap, langkah-langkah termasuk penggunaan primer, foundation, concealer, hingga pengaplikasian eyeshadow, lipstik, dan produk pendukung lainnya. Highlighter dan setting spray memastikan kilau dan daya tahan makeup. Dengan mengikuti urutan ini, kita dapat mencapai hasil yang rapi, terdefinisi, dan tahan lama, meningkatkan kepercayaan diri dan penampilan keseluruhan.

Kecantikan Ibu Hamil: Kandungan Skincare yang Harus Dihindari