Panduan Lengkap Istilah Periasan
Inspirasi Kecantikan

Kilau di Dunia Kecantikan: Panduan Lengkap Istilah Periasan

Memahami dunia kecantikan dan produk periasan sering kali seperti memasuki labirin kata-kata yang rumit dan istilah-istilah yang mungkin asing bagi banyak orang. Produk periasan datang dengan beragam nama dan deskripsi yang berbeda, dan tidak jarang kita merasa bingung saat mencoba memilih yang tepat. Artikel ini akan mengupas tuntas istilah-istilah dalam dunia kecantikan dan periasan, membantu kamu memahami apa yang sebenarnya tersembunyi di balik label-label yang mungkin terdengar asing. Jadi, mari kita memulai perjalanan kami menuju panduan lengkap istilah periasan yang akan membantu kamu mengkilap di dunia kecantikan!

10 Istilah Periasan dalam Dunia Kecantikan

10 Istilah Periasan dalam Dunia Kecantikan

Primer

Primer adalah produk dasar dalam dunia periasan. Ini adalah langkah pertama sebelum kamu mengaplikasikan foundation. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, mengurangi kilap, dan memastikan foundation dan produk lain menempel lebih baik di kulitmu. Ada banyak jenis primer, termasuk primer silikon, yang memberikan hasil halus seperti kilauan, dan primer berbasis air, yang lebih cocok untuk kulit berminyak.

Foundation

Foundation adalah langkah kedua dalam rutinitas makeup. Ini digunakan untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan. Kamu dapat menemukan berbagai jenis foundation, seperti foundation cair, bedak padat, atau bahkan krim. Beberapa istilah yang mungkin kamu temui adalah “full coverage” yang berarti foundation ini akan menyamarkan segala ketidaksempurnaan, atau “sheer coverage” yang memberikan hasil alami.

Concealer

Concealer digunakan untuk menyamarkan noda atau ketidaksempurnaan yang tidak dapat diatasi oleh foundation. Ini biasanya lebih tebal daripada foundation dan sering digunakan di bawah mata untuk menyamarkan mata panda atau pada noda jerawat.

Blush atau Rouge

Blush atau rouge adalah produk yang digunakan untuk memberi warna pipi kamu. Ini memberikan kesan segar dan sehat pada wajah. Kamu akan menemui berbagai istilah seperti “powder blush” yang berarti blush berbentuk bedak, atau “cream blush” yang lebih kental.

Yuk, mari kita memahami istilah-istilah dasar dalam produk kecantikan bersama!

Bronzer

Bronzer digunakan untuk memberikan kesan wajah yang lebih tirus dan memberi warna seperti kulit yang terpapar matahari. Ini digunakan di area tertentu seperti pipi, hidung, dan rahang untuk memberikan dimensi pada wajah.

Highlighter

Highlighter adalah produk yang memberikan kilau pada area wajah tertentu, seperti tulang pipi, hidung, atau atas bibir. Ini memberikan efek cahaya yang menonjolkan fitur-fitur wajah kamu.

Eyeliner

Eyeliner digunakan untuk memberi garis pada mata. Kamu akan menemui berbagai jenis eyeliner, termasuk pensil, cair, dan gel. “Waterline eyeliner” digunakan di dalam garis mata, sementara “winged eyeliner” menciptakan ekor di ujung mata.

Mascara

Mascara adalah produk yang digunakan untuk memanjang dan melentikkan bulu mata. Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam mascara, seperti “waterproof” yang tahan air, atau “lengthening” yang memanjangkan bulu mata.

Eyeshadow

Eyeshadow adalah produk yang digunakan untuk memberi warna pada kelopak mata. Kamu akan menemui berbagai istilah seperti “matte” yang tidak mengandung glitter, atau “shimmer” yang memberikan kilauan.

Lipstick atau Lip Gloss

Lipstick atau lip gloss digunakan untuk memberi warna pada bibir. Kamu akan menemui berbagai jenis seperti “matte lipstick” yang memberikan hasil matte, atau “lip gloss” yang memberikan kilau.

Itulah beberapa istilah dasar dalam dunia periasan. Dengan pemahaman istilah-istilah ini, kamu akan lebih percaya diri saat berbelanja produk periasan dan mencoba berbagai gaya riasan yang sesuai dengan kamu. Ingatlah bahwa makeup adalah seni, jadi jadilah kreatif dan bermainlah dengan produk periasan untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan kepribadian kamu. Semoga artikel inibisa membantu kamu memahami dunia kecantikan dengan lebih baik. Dengan pengetahuan ini, kamu dapat dengan percaya diri mengeksplorasi berbagai produk dan teknik periasan untuk mencapai penampilan yang kamu inginkan.

Ingatlah bahwa dunia kecantikan selalu berkembang, dan selalu ada hal baru untuk dipelajari. Teruslah membaca, menonton tutorial, dan berbicara dengan teman-teman kamu tentang produk dan teknik periasan yang mereka gunakan. Dengan begitu, kamu akan selalu up-to-date dalam dunia kecantikan.