Daftar Istilah Kecantikan yang Harus Kamu Ketahui
Inspirasi Kecantikan

Kecantikan dari A-Z: Daftar Istilah Kecantikan yang Harus Kamu Ketahui

Kecantikan adalah dunia yang luas dengan banyak istilah dan konsep yang mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Dalam upaya untuk memahami lebih banyak tentang produk dan perawatan kecantikan, penting untuk mengenal beberapa istilah dasar yang umumnya digunakan dalam industri ini. Dari A hingga Z, artikel ini akan membahas berbagai istilah kecantikan yang akan membantu kamu menjadi lebih berpengetahuan dalam perjalanan kecantikan kamu.

Istilah Kecantikan dari A-Z

Istilah Kecantikan dari A-Z

A – Acne

Acne adalah masalah kulit yang umum, terutama di kalangan remaja, yang melibatkan peradangan folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Untuk mengatasi masalah ini, banyak produk perawatan kulit dirancang khusus untuk mengobati jerawat.

B – BB Cream

BB Cream, atau Blemish Balm Cream, adalah produk perawatan kulit yang berfungsi sebagai alas bedak dan perawatan kulit dalam satu produk. Ini sering digunakan untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari dan meratakan warna kulit.

C – Collagen

Collagen adalah protein alami dalam kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Produk perawatan kulit yang mengandung kolagen sering digunakan untuk memperlambat proses penuaan kulit.

D – Dermatologist

Dermatolog adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam perawatan kulit. Mereka adalah sumber pengetahuan terpercaya ketika datang ke masalah kulit dan perawatan kecantikan.

E – Exfoliation

Exfoliation adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Ini dapat dilakukan dengan scrub wajah, masker, atau bahan kimia khusus.

F – Free Radicals

Free radicals adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan dampak negatif radikal bebas.

Mari kita telusuri dunia periasan dan kilau di dalamnya.

G – Glycolic Acid

Glycolic acid adalah salah satu jenis asam alpha hydroxy yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk eksfoliasi kulit dan mengurangi kerutan.

H – Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah bahan yang dapat menahan air dalam kulit, menjaga kulit tetap lembab dan bercahaya. Itu adalah bahan umum dalam produk perawatan kulit anti-penuaan.

I – Ingredients

Ketika memilih produk perawatan kulit, penting untuk membaca daftar bahan dengan cermat. Ini akan memberi kamu wawasan tentang apa yang sebenarnya kamu terapkan di kulitmu.

J – Jojoba Oil

Jojoba oil adalah minyak alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk melembapkan kulit dan menjaga keseimbangan minyak alami kulit.

K – Keratin

Keratin adalah protein yang membentuk struktur dasar rambut, kulit, dan kuku. Produk perawatan rambut sering mengandung keratin untuk memperkuat rambut.

L – Lotion

Lotion adalah produk perawatan kulit cair yang digunakan untuk melembapkan kulit. Ini sering digunakan setelah mandi untuk menjaga kulit tetap halus dan lembap.

M – Microdermabrasion

Microdermabrasion adalah prosedur perawatan kulit yang melibatkan pengelupasan lapisan atas kulit untuk mengurangi noda dan kerutan.

N – Niacinamide

Niacinamide, atau vitamin B3, adalah bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

O – Oil-Free

Produk perawatan kulit yang “oil-free” tidak mengandung minyak dan cocok untuk kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat.

P – Peptides

Peptides adalah rangkaian asam amino yang membantu membangun protein dalam kulit, seperti kolagen. Produk perawatan kulit yang mengandung peptide dapat membantu merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Q – Q10 (Coenzyme Q10)

Coenzyme Q10 adalah antioksidan yang secara alami ada dalam tubuh dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengurangi kerutan dan meredakan peradangan.

R – Retinol

Retinol adalah bentuk vitamin A yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mengurangi kerutan.

S – SPF (Sun Protection Factor)

SPF adalah angka yang mengukur sejauh mana produk pelindung matahari melindungi kulitmu dari sinar UV. Semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungannya.

T – Toner

Toner adalah cairan yang digunakan setelah membersihkan wajah untuk mengembalikan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk produk perawatan berikutnya.

U – UV Rays

UV Rays adalah sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dan dapat merusak kulit. Penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

V – Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

W – Wrinkles

Kerutan adalah tanda-tanda penuaan yang muncul pada kulit. Produk perawatan kulit anti-penuaan sering dirancang untuk mengurangi tanda-tanda ini.

X – Xerosis

Xerosis adalah istilah medis untuk kulit kering. Perawatan kulit yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini.

Y – Youthful

Mempertahankan kulit agar tampak muda adalah tujuan banyak orang dalam perawatan kecantikan. Produk perawatan kulit anti-penuaan sering dirancang untuk membantu mencapai tampilan yang lebih muda.

Z – Zinc Oxide

Zinc oxide adalah bahan yang sering digunakan dalam produk pelindung matahari fisik. Ini membantu melindungi kulit dari sinar matahari dengan menghalanginya.

Dengan memahami istilah-istilah dasar dalam dunia kecantikan ini, kamu akan lebih siap untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam perawatan kulit dan makeup kamu. Tidak peduli seberapa besar atau kecil pengetahuan kamu tentang kecantikan, belajar lebih banyak tentang istilah-istilah ini akan membantu kamu meraih kulit yang lebih sehat dan penampilan yang lebih percaya diri. Semakin kamu memahami produk-produk yang kamu gunakan, semakin baik kamu dapat merawat dan melindungi kulitmu.